Kamis, 31 Januari 2019

Laporan Pembuatan Roket Air

LAPORAN PEMBUATAN ROKET AIR













Kelompok 4:
1. Arifah Intan P.                  (06)
2. Catra Aditya P.                 (07)
3. Emayama Tuntas D.        (11)
4. Nabila Ayyumna D.         (17)
5. Roudhotul Fatikhah        (21)
6. Thomas Ariesta H.           (23)

PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Segala puji bagi Allah Swt. yang telah memberi kami kemudahan sehingga kami dapat menyelsaikan laporan ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan laporan ini dengan baik.
           
Penulis tentu menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk laporan ini, supaya laporan ini nantinya dapat menjadi laporan yang lebih baik lagi. Demikian, dan apabila terdapat banyak kesalahan pada laporan ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada guru IPA kami Bapak Sigit Suryono yang telah membimbing kami dalam menulis laporan ini. Demikian, semoga laporan ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Wonosari, 1 Februari 2019



BAHAN DAN ALAT

Bahan:
1)     Kardus
2)     Botol plastic bekas ukuran besar (2)
3)     Plastisin

Alat:
1)     Cutter
2)     Spidol
3)     Solasi
4)     Gunting
5)     Double tape
6)     Penggaris


CARA PEMBUATAN

1)     Pertama siapkan alat dan bahan
2)     Potong salah satu botol di bagian sekitar mulutnya sampai cukup di pasang di bagian belakang botol satunya.
3)     Bungkus potongan botol dengan isolasi. Tapi sebelum itu, beri pemberat berupa plastisin di bagian mulut potongan botol yang tertutup tersebut.
4)     Tempel potongan botol itu dengan baik. Pastikan kamu memasangnya dengan kuat dan lurus.
5)     Gunting kardus sebanyak 3 hingga 4 buah jajar genjang. Bagian ini akan dijadikan sebagai sirip roket. Rekatkan bagian sirip yang telah di buat pada bagian bawah roket. Susun hingga semua sirip ini dapat membantu roket dapat berdiri tegak.
6)     Roket sudah siap untuk diluncurkan


CARA PENERBANGAN
1)     Isi botol dengan air kurang lebih 1/3 dari bagian botol tersebut (di dalam tutup yang dalamnya tidak ada pemberat).
2)     Ganti tutup yang tadinya untuk mengisi air menggunakan nozzle khusus untuk ukuran botol tersebut.
3)     Pasangkan roket air tersebut ke sebuah alat khusus (yang ini menggunakan pralon khusus) untuk menerbangkan roket tersebut. Pastikan arahnya 45 derajat dari tanah agar dapat meluncur ke depan dan jauh.
4)     Pompa udara ke dalam roket dengan tekanan 60 (menggunakan pompa roda sepeda).  
5)     Setelah mencapai tekanan 60, lepaskan roket air yang pelepasnya bisa menggunakan seperti rem sepeda. Segera jauhkan diri agar tidak basah.
6)     Jangan pernah mendekati roket saat proses memompa, bahkan meskipun seakan–akan tidak terjadi apa–apa saat peluncuran karena akan menimbulkan kecelakaan yang dapat melukai.
7)     Lihat proses penerbangannya di link berikut.
https://youtu.be/CHOiqMSsuUI

PENUTUP
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam laporan ini, tentu nya masih banyak kekurangan dan kelemahan nya, kerena terbatas nya pengetahuan dan kurang nya rujukan atau referensi yang ada hubungan nya dengan judul laporan ini.
Penulis banyak berharap para pembaca memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya laporan ini dan dan penulisan laporan dikesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga laporan ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca pada umumnya.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar